Teori Ekonomi Makro V

Dosen               :DenniP.Purbasari,Ph.D./ArdyantoFitrady,Ph.D.

Kantor              :Lantai2 Sayap Selatan Gedung FEB UGM

Telepon            : (0274)548510ext.119

Pertemuan       : Sabtu, 13:30-16:00

Email                : denni.purbasari@gmail.com/arfie_arfie@yahoo.com

Deskripsi Mata

Kuliah Mata kuliah ini adalah sekuens pertama dari mata kuliah teori ekonomi makro pada jenjang S3. Pada bagian ini kita mempelajari model-model pertumbuhan ekonomi. Mahasiswa diasumsikan telah menguasai teknik-teknik optimisasi rumah tangga atau perusahaan dalam ekonomi mikro, konsep kesejahteraan, dan memahami model pertumbuhan ekonomi Solow sederhana. Sebagian besar waktu dihabiskan untuk mempelajari model-model deduktif, dan hanya sedikit bagian didedikasikan untuk mempelajari riset-riset empiris tentang pertumbuhan ekonomi.

Kuliah diawali dengan memperkenalkan tugas dari seorang ekonom makro. Setelah itu dibahas singkat perjalanan mazhab-mazhab dalam ekonomi makro mulai dari Keynesian hingga New Neclassical Synthesis. Kemudian mahasiswa dikenalkan dengan model dinamis paling sederhana, model 2 periode baik dengan produksi maupun tanpa produksi dan bagaimana konsep welfare diturunkan. Setelah itu sedikit dikenalkan bagaimana teknik penyelesaian optimisasi dinamis multi-periode dalam data kontinu dan data diskrit. Memasuki topik pertumbuhan, diawali dengan stylized facts pertumbuhan ekonomi dan dilanjutkan dengan pembahasan teori-teori pertumbuhan Solow, Ramsey, OLG, pertumbuhan endogen, dan kaitan antara institusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Buku Pegangan:

Barro dan Sala-i-Martin (2003). Economic Growth. MIT press. Romer, David (2012). Advanced Macroeconomics. 4th Edition. McGraw-Hill. Acemoglu, Daron (2009). Introduction to Modern Economic Growth. Princeton University Press. Aghion dan Howitt (2009). The Economics of Growth. The MIT Press.

Penilaian

Nilai akan ditentukan oleh ujian final (35%), ujian mid (35%), 4 kuis (20%), presentasi/tugas (10%). Nilai tidak ditentukan oleh kurva normal, namun target skor capaian. Skor minimum 60.
Ujian dan Kuis Ujian bersifat tertutup, 90% berisi derivasi model. Menguasai isi textbook, menderivasikan setiap persamaan dalam catatan maupun textbook secara detil (bukan hanya persamaan akhirnya dengan dihafal), mampu menjelaskan proses/logika di balik pergerakan kurva, dan mampu menjelaskan arti dari persamaan-persamaan atau fungsi-fungsi sangat menentukan kelulusan.

Tips Belajar

Memiliki buku teks dan membacanya adalah syarat untuk lulus. Mahasiswa harus membaca, memahami logika secara detil, dan menderivasi persamaan secara mandiri. Setiap bagian dikuasai istilahnya, konsepnya, dan dipahami persamaan, gambar, maupun pengujian empiriknya. Buatlah ringkasan kecil atau catatan dengan post-it di buku agar mudah ketika harus membaca kembali. Ulang beberapa kali bagaimana menurunkan persamaan, grafik/kurva di dalam buku hingga semua sumbu dan kurva tertulis/tergambar akurat tanpa kesalahan DAN pastikan Anda bisa menginterpretasikannya secara akurat.

Materi Tentatif

Minggu ke Topik
1 Silabus,modeldanalatmakro,the roleofmacroeconomist(Mankiw,JEP), two periodmodel
2 ModelpertumbuhanSolow-Swan,betadansigmaconvergence
3 Growthaccounting,empiricalworkstentanggrowth(cross-sectiondanpanel)
4 OptimalcontroldanmodelpertumbuhanRamsey
5 LanjutanmodelpertumbuhanRamsey
6 ModelpertumbuhanDiamond (overlappinggenerationmodel)dansocialsecurity
7 Institusidanpertumbuhan
8 AKmodel
9 Productvarietymodel
10 Schumpeterianone-sectormodel
11 Schumpeterianmultisectormodel
12 Capital, innovationandgrowthaccounting
13 Gwothprocess:financeandgrowth
14 Growthpolicies:competition,education,andtrade

 

Silabus Kuliah:

     

    Daftar Bacaan: