Ekonomi Internasional II

Semeter I TA 2014/2015

Bobot matakuliah        : 3 SKS

Jadwal pertemuan       : Sabtu, 07:00 – 09:30

Untuk keperluan pedagogi, ekonomika internasional dibagi menjadi dua bagian: international trade dan international finance. Mata kuliah ini adalah mata kuliah sekuens kedua dari field ekonomika internasional setelah international trade. Mata kuliah ini banyak menggunakan dasar-dasar Teori Ekonomi Makro sehingga sering disebut sebagai Ekonomi Makro Internasional (international macroeconomics).

Materi diawali dengan pembahasan akuntansi pendapatan nasional dan neraca pembayaran yang berisi catatan tentang transaksi internasional penduduk Indonesia dengan asing (bukan penduduk) pada suatu periode tertentu. Neraca pembayaran memberikan informasi tentang penawaran dan permintaan valuta asing yang relevan dalam penentuan kurs Rupiah. Dari sini mahasiswa kemudian diperkenalkan dengan pasar valas dan pasar finansial lain, siapa pelakunya, produknya, rasionalitas masing-masing pelakunya dan teori-teori penentuan kurs dalam jangka pendek (pendekatan aset) dan jangka panjang (pendekatan moneter).

Setelah itu topik bergeser kepada peran kebijakan moneter dan fiskal, bagaimana keduanya berpengaruh terhadap pasar uang, pasar valas, ekuilibrium kurs, current account, dan output. Efektivitas kebijakan fiskal dan moneter kemudian dievaluasi untuk rezim kurs mengambang vs. kurs tetap. Selanjutnya dipelajari juga bagaimana kebijakan fiskal, moneter dan devaluasi dapat digunakan untuk mencapai keseimbangan internal dan eksternal perekonomian, berikut tradeoff atau dilema yang dihadapi pengambil kebijakan. Pada bagian akhir kuliah akan dibahas sistem moneter internasional, globalisasi, dan krisis keuangan di dunia dan Indonesia.

Silabus Kuliah:

     

    Daftar Bacaan:

       

      Data:

         

        Soal Ujian Terdahulu

        (not available yet)